Halaman 1 dari 1
Info Seputar E-Purchasing V5
Posted: Sen, 19 Ags 2019 12:35 pm
oleh bajhoe
Berikut adalah informasi mengenai update untuk E-Purchasing/E-Katalog V5 pada OPD pemerintah Kota Surakarta.
Prosedur untuk pelaksanaan E-Purchasing V5 untuk PPKom dan PPBJ:
Ini fokus pada PPKom, untuk PPBJ kurang lebih sama, cuman beda di kewenangan eksekusi aja.
Tahap Dasar
► Lihat Isi
Tata cara/modus eksekusi pemesanan masih sama dengan versi sebelumnya. Jadi Secara konsep yang kita pahami selama ini, masih aman
Namun ada sedikit catatan, agar kita tidak merasa bingung dikarenakan perubahan tampilan.
- Tahap pencarian dan identifikasi komoditas
- Tahap Persiapan (setting-setting untuk dijadikan paket pengadaan)
- Tahap eksekusi pemesanan kepada vendor
- Tahap Finalisasi/Penyelesaian/Tutup paket.
1. Tahap pencarian dan identifikasi komoditas
► Lihat Isi
Cara pilih komoditas di ekatalog mulai sama persis jika kita belanja di marketplace online, yaitu:
- Klik tombol komoditas di samping kanan logo E-Purchasing atau langsung klik pada search box untuk mencari komoditi.
- Cari komoditinyanya dulu sesuai spek yang kita inginkan.
- Setelah komoditi ditemukan, Klik Beli.
- Klik Keranjang pembelian untuk melihat berbagai macam komoditi belanjaan kita yang didapat dari aksi butir 1.c
2. Tahap Persiapan
► Lihat Isi
Paket bisa dibuat jika butir 1.d sudah terkumpul.
- Melakukan pemilihan RUP dulu (pastikan RUP nya metode pemilihannya adalah E-Purchasing)
- Melakukan pengisian informasi instansi.
- Melakukan pengisian data diri pelaku (PPKom/PPBJ/Pembeli)
- Melakukan Setting produk yang akan dibeli (set kuantitas,set catatan dll)
3. Tahap eksekusi pemesanan kepada vendor
► Lihat Isi
- Aksi notifikasi kepada vendor
- Aksi negosisasi(jika memakai nego) dan untuk eksekusi nego pastikan selalu klik simpan draft nego sebelum dikirim ke penyedia
- Aksi cetak pesanan dan proses permintaan pengiriman
- Aksi pencatatan (penerimaan pengiriman, memasukkan data kontrak dan memasukkan data pembayaran) (kalo istilah di dunia marketplace, pembeli menentukan akan dibayar bagaimana dan memakai metode apa, kemudian vendor akan memberikan resi bukti pengiriman).
4. Tahap Finalisasi/Penyelesaian/Tutup paket
► Lihat Isi
- Jika tahap 1-3 sudah selesai, tahap ini akan menentukan apakah paket masih bisa dijalankan atau sudah ditutup karena selesai. Jika terdapat kekeliruan pada proses Tahap 1-3 diatas, jangan langsung klik tahap ini. Buat berjaga-jaga untuk melakukan aksi-aksi ulang. (Pastikan PPKom koordinasi ke PPTK sebelumnya, apakah komoditas benar-benar sesuai, tapi jangan sampai ini terjadi, karena kemungkinan untuk revive/mengaktifkan paket sangat kecil saat dilaporkan ke LKPP, yang akhirnya membuat PPKom memiliki paket yang cacat).
- Dari kasus yang pernah terjadi sebelumnya, harusnya PPKom koordinasi lagi ke PPTK mengenai komoditi yang AKAN dipesan sebelum melakukan pemesanan, dengan kata lain sebelum masuk TAHAP 2 harus cek ricek dengan PPTK) Pastikan SPEK sesuai dengan yang dibutuhkan, beda seri 1 level bisa mengakibatkan hasil PBJ tidak bisa dimanfaatkan dan akan menjadi temuan. Untuk ini silahkan manfaatkan koordinasi offline langsung dengan vendor (seperti di marketplace ada kolom diskusi, silahkan tanya kembali spek yang sebenarnya sudah ditulis di halaman spek, hehehehe), karena kadang PPTK juga kurang presisi dalam membantu/menyusun SPEKTEK. Jangan sampai sum of product kerja PPKom/PPBJ tidak sesuai ekpektasi dari sang bouwheer.
Unduh Buku Petunjuk E-Purchasing V5
- User Guide e-Purchasing versi 5.0 Pejabat Pembuat Komitmen UNDUH
- User Guide e-Purchasing versi 5.0 Pejabat Pengadaan UNDUH
Terakhir update: 19 August 2019, 11:59:20