Tips Tepat Dalam Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Di bagian ini menyediakan wadah kepada pengguna untuk beriklan atau menawarkan sesuatu. Beriklan atau menawarkan sesuatu di luar topik SELAIN di bagian ini akan menyebabkan akun anda kena peringatan dan di non aktifkan.
Kirim Balasan
ekanovi
Sesepuh
Sesepuh
Postingan: 372
Bergabung: Kam, 25 Nov 2021 10:23 pm
Nama Lengkap: Eka Novi Anggraini
OPD/SKPD: Bagian Umum

Tips Tepat Dalam Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Postingan oleh ekanovi »

Kesehatan mulut memiliki dampak besar pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menyikat gigi dan mulut yang benar.

Kesehatan mulut yang baik dapat dicapai dengan menyikat gigi dua kali sehari dan menjalani gaya hidup sehat melalui makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Selain menjaga kesehatan gigi dan gusi, kebiasaan baik ini juga dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Berikut adalah beberapa cara untuk membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut:

1. Memilih sikat gigi yang tepat

Memilih sikat gigi yang benar adalah langkah awal dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Pilih sikat gigi dengan bulu lembut yang nyaman digunakan. Selain itu, pastikan bulu sikat gigi yang Anda pilih memiliki ujung yang kecil dan membulat. Jika Anda telah menggunakannya selama tiga bulan, Anda perlu mengganti sikat gigi.

Jangan hanya memperhatikan bentuk sikat gigi. Cara menyikat gigi juga dapat menentukan kesehatan gigi dan mulut Anda. Dianjurkan untuk menyikat gigi dengan gerakan melingkar dan tidak terlalu menekan gigi.

2. Benang gigi

Flossing atau benang gigi sebaiknya dilakukan sekali sehari. Benang gigi dipakai untuk menghilangkan kotoran yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi.

Saat menggunakan benang gigi, salah satu ujung benang gigi dililitkan pada jari telunjuk tangan kanan dan ujung benang gigi lainnya dililitkan pada jari telunjuk tangan kiri. Kemudian jepit kedua ujung kabel dengan jari telunjuk dan ibu jari Anda. Pegang benang dengan kencang dan bersihkan sela-sela gigi Anda satu per satu.

Setelah itu, Anda bisa menggunakan obat kumur dengan air garam, seperti garam bambu, untuk membersihkan gigi dan mulut.

3. Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis

Kesehatan gigi dan mulut juga dapat dicapai dengan membatasi konsumsi minuman dan makanan manis seperti minuman berenergi, minuman bersoda, biskuit, roti, dan kue. Konsumsi makanan dan minuman manis yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan gigi.

4. Berhenti merokok

Kandungan nikotin dan tar pada rokok dapat menyebabkan perubahan warna gigi. Kerugian lain dari merokok adalah gigi Anda menjadi rapuh dan mudah patah, serta meningkatkan risiko kanker mulut. Oleh karena itu, berhenti merokok juga langkah tepat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

5. Kunjungi dokter gigi secara teratur

Kebiasaan sehari-hari di atas penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Namun, disarankan agar Anda memeriksakan kesehatan gigi dan mulut Anda ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Hal ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi masalah pada gigi, gusi atau rongga mulut secara dini.

Untuk menemukan rekomendasi dokter gigi terbaik, Poltekkes.web.id telah membahas beberapa dokter gigi yang bisa anda jadikan sebagai rujukan ketika ingin melakukan perawatan gigi. Dan selain dokter gigi juga ada informasi lainnya seperti tentang rekomendasi dokter kandungan dan kesehatan kulit yang bisa bermanfaat untuk anda.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut memang sama pentingnya dengan menjaga kesehatan bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, Anda juga harus memenuhi asupan makanan bergizi seperti buah dan sayur serta banyak minum air putih.

Jika Anda mengalami gejala seperti gusi berdarah, gusi turun atau gigi goyang, sakit saat mengunyah, dan bau mulut yang tidak kunjung membaik, segera temui dokter Anda untuk evaluasi dan pengobatan yang tepat.



Kirim Balasan