Awas, Jangan Salah Beli! Berikut 4 Tips Memilih Set Top Box

Di bagian ini menyediakan wadah kepada pengguna untuk beriklan atau menawarkan sesuatu. Beriklan atau menawarkan sesuatu di luar topik SELAIN di bagian ini akan menyebabkan akun anda kena peringatan dan di non aktifkan.
Kirim Balasan
ekanovi
Sesepuh
Sesepuh
Postingan: 724
Bergabung: Kam, 25 Nov 2021 10:23 pm
Nama Lengkap: Eka Novi Anggraini
OPD/SKPD: Bagian Umum

Awas, Jangan Salah Beli! Berikut 4 Tips Memilih Set Top Box

Postingan oleh ekanovi »

Siaran TV analog yang sudah mengudara di Indonesia selama ini akan diganti siaran TV digital. Saat ini, Pemerintah Indonesia sedang mengampanyekan program migrasi TV analog ke digital (MODI). Program ini ditargetkan rampung pada November 2022. Anda yang masih memiliki TV analog sebaiknya segera membeli set-top box untuk tetap bisa menonton televisi.

Saat ini, STB sudah banyak tersedia di pasaran, baik toko offline maupun online. STB yang ditawarkan memiliki spesifikasi, body dan kegunaan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Namun, kita harus pintar memilih sebelum membeli perangkat STB tersebut agar tidak kecewa.

Jadi sebelum membeli, pastikan untuk mengetahui tipsnya seperti yang dikutip dari sarkepo.com. Berikut caranya:

1. Pastikan bersertifikat Kominfo

Bila masyarakat telah memiliki smartTV, maka semua fitur siaran digital yang tersedia dapat berfungsi optimal. Jika membeli yang bukan bersertifikat dari Kominfo, khawatir STB yang dibeli akan sia-sia dan tidak berfungsi dengan baik. Sebab, tidak bisa menangkap siaran digital dengan sempurna dengan izin Kominfo.

Pada awal kampanye, Kominfo mengumumkan sembilan merek STB yang sudah diberi sertifikasi Kominfo. Sembilan merek STB tersebut adalah:
  • Nexmedia (NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD)
  • Polytron (PDV 600T2)
  • Ichiko (8000HD)
  • Akari (ADS-2230, ADS-168 dan ADS-210)
  • Venus (Brio)
  • Tanaka (T2)
  • Matrix (Apple)
  • Evercoss (STB1)
  • Nextron (NT2000-D dan TR 1000)
2. Sesuaikan kebutuhan

Beda harga dan merek bisa jadi beda dalam tambahan fitur, di pasaran terdapat bermacam-macam penjualan STB dengan berbagai merek dan harga. Pastikan, Anda membelinya sesuai kebutuhan.

3. Pilih tanda khusus

Dalam memilih pastikan Anda membeli STB yang memiliki tulisan DVB-T2 atau siap digital pada kemasannya, hal itu direkomendasikan langsung oleh Geryantika Kurnia selaku Direktur Penyiaran, Direktorat Jenderal PPI, Kementerian Kominfo.

Selain itu, Anda bisa juga dengan memastikan adanya gambar maskot TV digital Indonesia “Modi” yang berwujud komodo dengan warna kuning dan biru pada kemasannya.

4. Melihat review

Dengan melihat review terlebih dahulu, tentu dapat meminimalkan risiko salah beli atau sia-sia ketika membelinya. Anda dapat mencari tahu tentang fitur, serta kelebihan atau kekurangan pada STB tersebut.



Kirim Balasan