Tips Mengajarkan Calistung pada Anak

Di bagian ini menyediakan wadah kepada pengguna untuk beriklan atau menawarkan sesuatu. Beriklan atau menawarkan sesuatu di luar topik SELAIN di bagian ini akan menyebabkan akun anda kena peringatan dan di non aktifkan.
Kirim Balasan
ekanovi
Anggota Utama TK 4
Anggota Utama TK 4
Postingan: 264
Bergabung: Kam, 25 Nov 2021 10:23 pm
Nama Lengkap: Eka Novi Anggraini
OPD/SKPD: Bagian Umum

Tips Mengajarkan Calistung pada Anak

Postingan oleh ekanovi »

Calistung merupakan kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan penguasaan membaca, menulis dan berhitung. Calistung merupakan keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh anak-anak yang memasuki sekolah dasar, bukan untuk anak usia dini.

Pembelajaran calistung jenis ini dapat diterapkan sejak usia 6-7 tahun, sedangkan orang tua dapat mulai melakukan pendekatan teori atau pra-calistung saat anak berusia 5 tahun.

Calistung adalah alat bagi orang tua untuk membantu anak-anak mereka membaca dan berhitung dengan baik. Les Privat Jogja jelas merupakan pilihan terbaik karena banyaknya kesibukan orang tua diluar.

Sebagai orang tua, tentunya Anda menginginkan yang terbaik untuk pendidikan anak Anda. Anda dapat mendaftarkan anak Anda ke Les Calistung Jogja melalui Lesprivatjogja.com.

Persiapan sebelum Calistung

Ada beberapa persiapan yang harus diperhatikan orang tua sebelum memperkenalkan anaknya pada calistung, antara lain:

1. Anak-anak perlu mengucapkan setiap kata dengan jelas dalam kehidupan sehari-hari. Jika masih belum maksimal sebaiknya tunda dulu dan fokus meningkatkan interaksi sosial terlebih dahulu.

2. Pastikan anak dapat memegang atau mengambil benda dengan benar dan kuat dengan tangannya. Saat anak mengembangkan keterampilan motorik halusnya, mereka akan lebih mudah menggunakan teknik menulis.

3. Biasanya, pada usia 4-5 tahun, anak-anak mulai memahami makna dan dapat mengungkapkan keinginan mereka dalam frasa sederhana. Langkah komunikasi ini penting dalam membantu anak memahami konsep benda dan angka dalam berhitung.

Jika anak berkembang secara normal, keterampilan dasar yang disebutkan di atas berkembang dengan baik pada usia 6 tahun dan cenderung lebih mau menerima proses belajar selanjutnya.

Kiat Untuk Mengajarkan Calistung

Mengajarkan anak arti calistung yang berarti membaca, menulis dan berhitung membutuhkan trik tersendiri agar tetap menyenangkan dan tidak membosankan.

1. Pertama, kenali karakter anak dan amati reaksinya. Lebih suka belajar sendiri atau berkelompok.

2. Jangan memaksa anak karena dapat membuat mereka stres dan malas untuk melanjutkan belajar.

3. Waktu pembelajaran kalibrasi tidak terlalu lama karena berkaitan dengan tingkat konsentrasi.

4. Mulailah dengan permainan yang membangkitkan semangat anak tetapi dapat mengembangkan keterampilannya, seperti mengatur boneka sambil menghitung, menyelaraskan huruf melalui teka-teki dan banyak lagi.

5. Belajar melalui lagu-lagu bahagia yang mudah diingat anak.

6. Dapat dilakukan melalui dekorasi ruangan atau ruang kelas yang mengusung tema calistung.

7. Cobalah untuk menulis dengan langkah-langkah yang paling sederhana, seperti huruf tebal, angka atau warna.



Kirim Balasan