Kendala Pajak Yang Sering Dihadapi Oleh Perusahaan Beserta Cara Mengatasinya

Di bagian ini menyediakan wadah kepada pengguna untuk beriklan atau menawarkan sesuatu. Beriklan atau menawarkan sesuatu di luar topik SELAIN di bagian ini akan menyebabkan akun anda kena peringatan dan di non aktifkan.
Kirim Balasan
ekanovi
Sesepuh
Sesepuh
Postingan: 368
Bergabung: Kam, 25 Nov 2021 10:23 pm
Nama Lengkap: Eka Novi Anggraini
OPD/SKPD: Bagian Umum

Kendala Pajak Yang Sering Dihadapi Oleh Perusahaan Beserta Cara Mengatasinya

Postingan oleh ekanovi »

Beberapa masalah pajak yang sering dihadapi bisnis mengakibatkan keterlambatan dalam pengajuan dan pelaporan pajak. Sedangkan pajak pada dasarnya merupakan salah satu kewajiban kepada negara yang harus kita penuhi agar pemerintah memiliki sumber pendanaan untuk pembangunan.

Meski tujuannya terhormat, namun keberadaan pajak seringkali menjadi kendala bagi beberapa pihak, dalam hal ini yang terlibat dalam perekonomian.

Hambatan pajak apa yang sering dihadapi perusahaan dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan singkatnya di bawah ini:

Perusahaan Yang Tidak Terdaftar PKP

Kendala perpajakan yang pertama bagi perusahaan adalah perusahaan atau badan usaha tersebut tidak terdaftar sebagai PKP. Dalam beberapa kasus, beberapa perusahaan sengaja tidak mendaftar sebagai PKP agar tidak terbebani pajak. Sementara langkah ini akan memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan untuk sementara waktu, suatu hari keputusan ini justru akan menurunkan nilai perusahaan dan merugi.

Oleh karena itu, daripada mengkhawatirkan penghindaran pajak, lebih baik penuhi kewajiban PKP Anda dengan membayar PPN, PPh atau PPnBm.

Tidak memiliki NPWP Badan Usaha (Nomor Pokok Wajib Pajak)

Kendala pajak  yang sering dihadapi perusahaan adalah tidak adanya NPWP. Karena setiap badan usaha wajib menjadi PKP, otomatis perusahaan harus memiliki NPWP khusus bagi perusahaan untuk mempermudah proses pengembalian pajak. Jika badan usaha Anda masih menggunakan NPWP pribadi, ada kekhawatiran bahwa setiap pendapatan yang Anda hasilkan akan dikenakan pajak. Meskipun penghasilan tidak serta merta datang dari usaha Anda sendiri.

Laporan Tahunan TPS

Meskipun proses pelaporan SPT hanya dilakukan setahun sekali, namun seringkali diabaikan karena banyaknya tugas lain yang harus dilakukan oleh bagian keuangan perusahaan. Untuk mengatasi masalah seperti itu, Anda dapat menggunakan layanan pelaporan pajak perusahaan, yang kemudian dengan mudah ditemukan di Internet.

Salah satu yang paling bisa diandalkan adalah ISBConsultant. ISBConsultant meupakan konsultan pajak Solo yang dapat membantu perusahaan untuk memecahkan masalah keuangan mereka serta menghitung kewajiban pajak mereka. Ini juga termasuk bantuan dalam menyelesaikan pengembalian pajak tahunan, yang dapat memakan waktu.

Peraturan Pajak Penghasilan (PPh)

Untuk bisnis yang sedang berkembang, aturan pembayaran pajak penghasilan dapat dilihat sebagai kendala. Karena perusahaan yang masih merintis biasanya tidak memiliki penghasilan yang sangat besar, tetapi gaji karyawannya harus dikenakan pajak penghasilan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencegahnya dengan “menaikkan” nominal gaji pekerja saat menyatakan PPh, khususnya PPh 21.

Kenaikan nominal gaji tidak mengurangi penghasilan awal karyawan dari iuran bulanan PPh 21. Namun, jika situasi bisnis stabil, Anda harus mulai menerapkan pengurangan pajak penghasilan untuk menghindari masalah pajak dan denda.

Adanya Pajak Pertambahan Nilai (PPN)

Kendala pajak terakhir yang diderita bisnis adalah PPN. Meskipun PPN biasanya dibebankan kepada konsumen yang membeli barang atau jasa, PPN juga dapat menjadi penghalang bagi bisnis. Hal ini dikarenakan harga barang atau jasa yang dijual 10% lebih mahal dari harga tetap.

Agar tidak mengecewakan konsumen, sebelum bertransaksi perlu diinformasikan bahwa barang atau jasa yang dijual dikenakan PPN. Jika konsumen keberatan dengan pembayaran, tawarkan harga asli barang atau jasa dengan risiko PPN harus dibayar sendiri oleh konsumen ke kantor pajak.



Kirim Balasan