Jenis dan Fungsi Microsoft Office Yang Paling Sering Digunakan

Di bagian ini menyediakan wadah kepada pengguna untuk beriklan atau menawarkan sesuatu. Beriklan atau menawarkan sesuatu di luar topik SELAIN di bagian ini akan menyebabkan akun anda kena peringatan dan di non aktifkan.
Kirim Balasan
ekanovi
Sesepuh
Sesepuh
Postingan: 566
Bergabung: Kam, 25 Nov 2021 10:23 pm
Nama Lengkap: Eka Novi Anggraini
OPD/SKPD: Bagian Umum

Jenis dan Fungsi Microsoft Office Yang Paling Sering Digunakan

Postingan oleh ekanovi »

Microsoft Office adalah perangkat lunak yang awalnya dikembangkan untuk aplikasi perkantoran namun saat ini banyak digunakan oleh semua kalangan.

Microsoft Office dapat dijalankan di sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X dengan versi terbaru Office 16 atau Office 2019 yang diluncurkan pada tahun 2018.

Microsoft Office memiliki beberapa jenis perangkat lunak yang terkenal Word, Excel dan Power Point.

Saat ini, hampir semua orang dari berbagai kalangan menggunakan Microsoft Office. Lalu apa saja jenis-jenis Microsoft Office? Berikut penjelasannya.

1. Microsoft Word


Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi Microsoft Office yang paling populer dan banyak digunakan oleh semua kalangan.

Microsoft Word pertama kali dirilis pada tahun 1983, hingga saat ini memiliki banyak versi, versi terbaru adalah Microsoft Word 2010.

Microsoft Word digunakan sebagai pengolah kata di mana segala sesuatu yang berhubungan dengan pengolah kata dapat dilakukan.

Contohnya seperti menulis artikel, menulis surat, membuat tabel dan mengcapture gambar, serta membuat desain sederhana semua bisa dilakukan dengan menggunakan Microsoft Word.

Untuk belajar Microsoft Word lebih detail, Anda bisa melihat tutorial dan panduan lengkapnya melalui situs Microsoftword karena dijelaskan dengan bahasa Indonesia yang mudah dipahami.

2. Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah aplikasi Microsoft Office lain yang terkenal dan banyak digunakan, terutama untuk pekerja kantoran.

Pada tahun 1985 versi pertama Excel untuk Macintosh dirilis sedangkan Windows dirilis pada tahun 1987 dengan nomor versi 2.0.

Pada tahun 1988, Excel mengubah Microsoft menjadi perusahaan pengembang dengan merilis versinya setiap dua tahun, dengan versi terbarunya adalah Microsoft Office Excel 2010 atau Excel 14.

Microsoft Excel digunakan untuk mengolah data berupa angka atau grafik dengan membuat spreadsheet.

Microsoft Excel mudah digunakan dan terdapat berbagai fungsi perhitungan presisi yang dapat dilakukan secara otomatis namun membutuhkan penggunaan rumus.

Oleh karena itu, Microsoft Excel dapat membantu seseorang untuk membuat laporan keuangan seperti laporan akuntansi dalam bentuk angka atau grafik.

3. Microsoft PowerPoint


Microsoft PowerPoint adalah aplikasi Microsoft Office yang banyak digunakan oleh kantor, bisnis, guru, siswa, dan pelatih.

Power Point awalnya dirilis untuk Apple Macintosh pada tahun 1987, namun pada tahun 1990 Power Point versi 2.0 dirilis untuk Microsoft Windows.

Saat ini, versi terbaru dari Microsoft PowerPoint dirilis pada tahun 2013 dan merupakan versi ke-15 bernama PowerPoint 15.

Microsoft Power Point dapat digunakan sebagai presentasi multimedia dalam bentuk slide presentasi yang menarik karena menawarkan berbagai fitur seperti penambahan audio, video dan gambar.

Juga, Microsoft PowerPoint memudahkan untuk mengatur dan mencetak slide dan berbagi presentasi dari komputer karena hadir sebagai salinan elektronik.



Kirim Balasan