Keuntungan Menggunakan Baja Ringan Untuk Atap Rumah

Di bagian ini menyediakan wadah kepada pengguna untuk beriklan atau menawarkan sesuatu. Beriklan atau menawarkan sesuatu di luar topik SELAIN di bagian ini akan menyebabkan akun anda kena peringatan dan di non aktifkan.
Kirim Balasan
ekanovi
Sesepuh
Sesepuh
Postingan: 567
Bergabung: Kam, 25 Nov 2021 10:23 pm
Nama Lengkap: Eka Novi Anggraini
OPD/SKPD: Bagian Umum

Keuntungan Menggunakan Baja Ringan Untuk Atap Rumah

Postingan oleh ekanovi »

Baja ringan adalah sejenis material baja, namun bentuknya tipis dan fungsinya sama dengan baja biasa. Bahannya yang tahan terhadap serangan rayap seringkali menjadikan baja ringan sebagai alternatif pengganti kayu sebagai rangka atap rumah.

Berikut beberapa manfaat baja struktural, beserta manfaatnya sebagai rangka atap rumah.

1. Handal menahan gempa


Karena bobotnya yang lebih ringan dibandingkan kayu, beban yang harus dipikul oleh struktur di bawahnya lebih rendah. Hal ini sangat berguna untuk bangunan di daerah rawan gempa.

Jika terjadi gempa, rangka batang yang ringan tidak akan mudah menghancurkan bangunan di bawahnya. Sebaliknya, atap baja ringan dapat membantu meredam guncangan yang terjadi dalam tanah menuju dinding dan atap.

2. Berguna untuk membatasi rate of fire saat terjadi kebakaran


Jika terjadi kebakaran, rangka baja ringan tidak berpotensi memperbesar nyala api. Ini sangat berbeda dengan bingkai kayu.

Saat dibakar, kayunya membuat bara sedikit lebih besar, yang bahkan lebih merusak bangunan. Salah satu keunggulan baja ringan adalah dapat memperlambat laju nyala api dan setidaknya lebih aman digunakan di rumah yang kompleks.

3. Tidak mudah diserang rayap


Rangka baja ringan bebas dari serangan rayap, sehingga tahan lama dan tidak perlu terlalu sering diganti.

Sedangkan jika tidak ingin dimakan rayap maka kayu perlu diberi lapisan khusus untuk mencegah serangan rayap.

4. Pemasangan relatif lebih cepat dibandingkan kayu


Dibandingkan dengan rangka kayu, merakit rangka baja ringan lebih sederhana dan mudah. Plus, dibantu oleh bobotnya yang ringan, bahkan penggemar DIY pun bisa melakukannya.

Namun dalam pemasangan baja ringan tidak boleh dilakukan oleh sembarang tukang, karena jika salah dalam perhitungan akan mengakibatkan bahaya dalam konstruksi bangunan tersebut.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan pemasangan baja ringan, anda harus benar-benar memilih tukang yang sudah ahli dalam pasang baja ringan dengan benar seperti dari BajaringanPrambanana.com yang memang sudah berpengalaman dalam proyek untuk pemasangan kanopi baja ringan dan juga rangka atap baja ringan.

5. Tidak mudah menyusut atau mengembang


Baja ringan hampir tidak memiliki nilai muai dan susut, sehingga tidak berubah dalam cuaca panas maupun dingin. Sementara itu, rangka kayu lebih rentan terhadap ekspansi dan kontraksi dengan penggunaan dan kondisi cuaca.

6. Tidak diperlukan pengecatan


Pemeliharaan rangka baja ringan tidak memerlukan pengecatan, sehingga anggaran dapat dialihkan ke orang lain. Kemampuan baja ringan untuk menahan karat menghilangkan kebutuhan akan pengecatan.

7. Bahan baja ringan yang ramah lingkungan


Rangka baja ringan lebih ramah lingkungan daripada kayu karena lebih sedikit kayu dari hutan yang digunakan.

Meski demikian, baja ringan untuk atap masih bisa didaur ulang untuk membuat kerajinan tertentu seperti gerobak, dll.

Itulah beberapa kelebihan menggunakan baja ringan untuk konstruksi bangunan. Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang ingin membangun atau renovasi rumah.



Kirim Balasan