Guru Wajib Tahu! 5 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mengajar

Di bagian ini menyediakan wadah kepada pengguna untuk beriklan atau menawarkan sesuatu. Beriklan atau menawarkan sesuatu di luar topik SELAIN di bagian ini akan menyebabkan akun anda kena peringatan dan di non aktifkan.
Kirim Balasan
ekanovi
Sesepuh
Sesepuh
Postingan: 563
Bergabung: Kam, 25 Nov 2021 10:23 pm
Nama Lengkap: Eka Novi Anggraini
OPD/SKPD: Bagian Umum

Guru Wajib Tahu! 5 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mengajar

Postingan oleh ekanovi »

Mengajar dan mendidik siswa di sekolah merupakan tugas utama seorang guru. Dalam proses belajar mengajar, terdapat spesifikasi dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa.

Oleh karena itu seorang guru tidak boleh mengajar sembarangan. Agar tujuan pembelajaran tercapai secara optimal, diperlukan persiapan yang matang sebelum guru mengajar siswa di kelas.

Berikut 5 hal yang harus dipersiapkan guru sebelum mengajar:

1. Guru harus membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Rencana pelaksanaan pembelajaran atau disebut dengan RPP adalah suatu rencana atau rancangan pembelajaran yang di buat oleh seorang guru untuk menggambarkan langkah–langkah yang akan di pergunakan dalam proses belajar mengajar.

Manfaat RPP ini adalah sebagai pedoman bagi guru untuk membuat pembelajaran lebih sistematis dan terencana untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Anda dapat download RPP dari situs web SharingRPP.com untuk membantu Anda dalam mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran.

2. Guru menyiapkan media pembelajaran

Alat bantu belajar adalah alat bantu pengajaran atau pembelajaran yang dirancang untuk membantu siswa memahami pelajaran. Materi pembelajaran harus disiapkan oleh guru untuk menarik perhatian siswa untuk merangsang kognitif, efisien dan psikomotorik siswa.

Kognitif sendiri memiliki pengertian yang meliputi wilayah kemampuan berpikir siswa, yang meliputi pengetahuan, hafalan dan daya ingat, pemahaman dan analisis.

3. Persiapkan dan tinjau materi pelajaran sebelum mengajar

Bahan pembelajaran adalah informasi berupa alat dan teks yang digunakan untuk merencanakan dan mendukung kegiatan belajar mengajar di kelas.

Bahan pembelajaran harus dipilih dan diajarkan secara sistematis dengan tujuan memberikan pengetahuan kepada siswa dalam proses belajar mengajar atau setelah menerima pelajaran.

4. Guru perlu menentukan pendekatan, model, metode dan strategi di dalam mengajar

Sebelum mengajar, seorang guru terlebih dahulu harus menentukan pendekatan, model, metode dan strategi mengajar yang tepat. Dengan pendekatan, model, metode dan strategi yang tepat, peluang tercapainya tujuan pembelajaran menjadi lebih besar.

5. Memahami karakter siswa

Sebelum melaksanakan proses belajar mengajar, hal yang sangat penting antara lain guru dapat memahami karakter anak didik atau siswanya.

Untuk mengetahui dan memahami karakter siswa, Anda dapat melakukannya melalui pendekatan personal, mewawancarai mereka dan mengajukan pertanyaan pribadi dan menawarkan solusi ketika ada masalah pribadi.



Kirim Balasan