5 Cara Merawat AC Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Di bagian ini menyediakan wadah kepada pengguna untuk beriklan atau menawarkan sesuatu. Beriklan atau menawarkan sesuatu di luar topik SELAIN di bagian ini akan menyebabkan akun anda kena peringatan dan di non aktifkan.
Kirim Balasan
ekanovi
Sesepuh
Sesepuh
Postingan: 567
Bergabung: Kam, 25 Nov 2021 10:23 pm
Nama Lengkap: Eka Novi Anggraini
OPD/SKPD: Bagian Umum

5 Cara Merawat AC Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Postingan oleh ekanovi »

Anda yang tinggal di kota besar pasti tahu bahwa AC bukan lagi menjadi kebutuhan tambahan atau kebutuhan sekunder. Tapi dia masuk kebutuhan utama seperti listrik dan air.

Kehadiran AC dapat menyejukkan rumah dan membuat pekerjaan rumah tangga menjadi lebih nyaman. Namun penggunaan yang berlebihan terkadang dapat menyebabkan AC cepat rusak dan tidak dingin lagi.

Agar AC di rumah awet dan tidak cepat rusak, berikut lima cara merawat AC yang bisa Anda lakukan.

1. Perhatikan Suhu Termostat

Kesalahan pengaturan suhu termostat adalah masalah paling umum saat menggunakan AC. Seringkali saat menyalakan AC, langsung turunkan suhu ke setting paling rendah agar AC lebih cepat dingin.

Apabila terus dipaksakan, maka hal ini akan membuat kompresor AC bekerja maksimum dan pada akhirnya akan mengurangi umur kompresor dari AC, hingga akhirnya AC menjadi cepat rusak.

2. Atur Waktu Pemakaian AC Dengan Timer

AC kini memiliki fitur timer yang memudahkan untuk memprogram saat AC hidup dan mati. Menggunakan pengatur waktu AC juga dapat membantu menjaga AC tetap digunakan. Sedangkan waktu terbaik untuk menggunakan AC adalah 5 jam.

Bila sudah lewat 5 jam terakhir, sebaiknya AC diistirahatkan dengan cara dimatikan. Jadi Anda dapat mengatur timer untuk mati setiap 5 jam penggunaan. Masalah pada AC bisa Anda cek dari website https://thekarimun.com/jasa-service-ac-surabaya/ jika anda masih bingung.

3. Tutup Pintu, Jendela, dan Ventilasi Udara Saat AC Menyala

Usahakan selalu menutup ruangan dengan rapat di ruangan ber-AC. Tujuannya agar AC selalu fokus untuk mendinginkan ruangan dan juga memudahkan kerja kompresor untuk mencapai suhu yang diinginkan.

Cara ini sangat berguna untuk meringankan kerja kompresor AC, sehingga tidak bekerja terlalu lama sehingga mencegah kerusakan dini pada kompresor AC.

4. Bersihkan Filter AC

Filter AC adalah komponen body AC yang berfungsi untuk menyaring debu. Jika Anda tidak membersihkan filter secara teratur, AC mungkin tidak dingin. Saat AC tidak dingin, reaksi alami pengguna AC adalah menurunkan suhu.

5. Rawat AC Secara Rutin

Kemudian pilihan terakhir untuk merawat AC ruangan adalah dengan menggunakan jasa AC. Anda bisa menggunakan jasa servis AC Surabaya yang memiliki teknisi handal dan berpengalaman. Biasanya perusahaan jasa servis AC mencuci AC dan mengecek freon AC.

Saat freon habis, Anda perlu mengisinya kembali, yang tentunya tidak bisa Anda lakukan sendiri. Selain itu dengan menggunakan jasa servis AC juga dapat mendiagnosa jika ada kebocoran pada bagian AC.



Kirim Balasan