Inilah Sejarah Dari Timnas Indonesia Ketika di Piala Dunia

Di bagian ini menyediakan wadah kepada pengguna untuk beriklan atau menawarkan sesuatu. Beriklan atau menawarkan sesuatu di luar topik SELAIN di bagian ini akan menyebabkan akun anda kena peringatan dan di non aktifkan.
Kirim Balasan
ekanovi
Sesepuh
Sesepuh
Postingan: 563
Bergabung: Kam, 25 Nov 2021 10:23 pm
Nama Lengkap: Eka Novi Anggraini
OPD/SKPD: Bagian Umum

Inilah Sejarah Dari Timnas Indonesia Ketika di Piala Dunia

Postingan oleh ekanovi »

Piala Dunia adalah ajang sepak bola paling bergengsi di dunia. Turnamen ini diadakan setiap 4 tahun sekali dan mempertemukan seluruh negara yang telah lolos kualifikasi yang diadakan sebelumnya.

Sayangnya, timnas Indonesia sudah tidak lolos ke Piala Dunia sejak 1938 dan 1958. Dalam sejarah perhelatan Piala Dunia, Indonesia pernah tercatat sebagai negara yang lolos ke putaran final atau lolos babak kualifikasi Piala Dunia 1938 Prancis.

Pada tahun 1938 Indonesia masih menjadi koloni Belanda dan menggunakan nama Hindia Belanda untuk Piala Dunia. Saat itu, Indonesia tercatat sebagai negara Asia pertama yang lolos ke ajang sepak bola paling bergengsi tersebut.

Berbeda dengan kualifikasi Piala Dunia saat ini, di masa lalu beberapa benua yang sudah tidak bertanding sejak tahun 1930 diundang untuk mewakili benuanya. Diantaranya adalah benua Asia yang belum pernah menjajal pentas Piala Dunia sejak edisi perdananya.

Pada awalnya perwakilan benua Asia bukanlah Indonesia, melainkan Jepang. Namun, pada tahun 1937, Jepang terlibat dalam Perang Asia Timur dan menarik diri dari Piala Dunia.

Akhirnya Timnas Indonesia menggantikan posisi Jepang dan langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 1938 tanpa harus melalui babak kualifikasi. Passing tanpa kualifikasi membuat timnas Indonesia tidak mudah menyalip lawannya.

Di babak pertama Piala Dunia 1938, Indonesia langsung bertemu dengan pemimpin Hongaria saat itu. Tim Indonesia asuhan Pelatih Johan Mastenbroek bermain di Vélodrome Municipal de Reims dan kalah 6-0 dari Hungaria.

Timnas Indonesia kebobolan empat gol di babak pertama dan menambah dua gol di babak kedua. Saat itu, Piala Dunia masih dimainkan dengan format knockout dari pertandingan pertama, sehingga Indonesia langsung tersingkir setelah kalah dari Hungaria.

Meski demikian, FIFA mencatat bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang pernah lolos ke Piala Dunia, namun dengan jumlah pertandingan paling sedikit. Ketika Indonesia pertama kali menjuarai Piala Dunia pada tahun 1938, muncul seorang kapten tim bernama Achmad Nawir.

Achmad Nawir lulus dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Beliau adalah mahasiswa asal Maninjau, Sumatera Barat yang pernah kuliah di Nederlandsch Indian Artsen School of Medicine (NIAS) atau yang sekarang menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga pada tahun 1929/1930.

Pada tahun 1938, saat masih menjadi mahasiswa, Nawir lolos seleksi untuk menurunkan tim Hindia Belanda untuk Piala Dunia di Prancis dan terpilih sebagai kapten tim HBS secara aklamasi pada April 1938. Timnas Indonesia diterima pada tahun 1958.

Selama periode ini, timnas pertama kali berkompetisi dengan nama Indonesia, setelah menggunakan nama Hindia Belanda. Turnamen Piala Dunia 1958 dibagi menjadi dua fase, yaitu fase kualifikasi dan fase final.

Di babak pertama, Indonesia berhasil mengalahkan China. Namun, Indonesia harus didiskualifikasi karena menolak bersaing dengan Israel.

Setelah tahun 1958, Indonesia kembali tidak kompetitif akibat situasi politik yang kacau saat itu dan harus istirahat lebih lama di Piala Dunia. Baru pada tahun 1974 Indonesia dapat kembali mengikuti kualifikasi Piala Dunia, namun kembali mengalami kekalahan.

Nah, bagi anda yang ingin mengetahui informasi berita Timnas Indonesia saat ini, anda bisa melihatnya di situs Timnas.co yang merupakan portal berita olahraga khususnya sepak bola Timnas Indonesia.

Demikian informasi tentang sejarah Timnas Indonesia dalam piala dunia. Semoga bisa bermanfaat.



Kirim Balasan