5 Tips Mudah Mengatasi Kloset Tersumbat Dengan Bahan Rumahan

Di bagian ini menyediakan wadah kepada pengguna untuk beriklan atau menawarkan sesuatu. Beriklan atau menawarkan sesuatu di luar topik SELAIN di bagian ini akan menyebabkan akun anda kena peringatan dan di non aktifkan.
Kirim Balasan
ekanovi
Sesepuh
Sesepuh
Postingan: 566
Bergabung: Kam, 25 Nov 2021 10:23 pm
Nama Lengkap: Eka Novi Anggraini
OPD/SKPD: Bagian Umum

5 Tips Mudah Mengatasi Kloset Tersumbat Dengan Bahan Rumahan

Postingan oleh ekanovi »

Kloset atau jamban yang tersumbat pasti akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain itu, tentunya dapat mengganggu aktivitas penghuni rumah.

Kloset mampet biasanya terjadi karena adanya sumbatan. Dalam hal ini, jangan langsung memanggil pembersih toilet.

Di bawah ini adalah cara mengatasi kloset mampet dengan barang-barang di rumah.

1. Sabun cuci piring dan air panas

Dipercaya bahwa sabun cuci piring dapat memperbaiki toilet yang mampet. Siapkan cangkir berisi sabun cuci piring dan air panas.

Tuang sabun cair ke dalam kloset dan tunggu beberapa saat hingga mengendap. Sabun berguna untuk menghaluskan saluran air toilet.

Setelah itu, tuangkan air panas ke toilet. Lalu tunggu 20 menit baru siram atau flush toilet. Jika masih tersumbat, ulangi dengan deterjen.

2. Soda kue dan cuka

Selain membersihkan kloset, kombinasi baking soda dan cuka juga efektif untuk melancarkan kloset mampet.

Caranya adalah dengan membuang 1 cangkir baking soda pada permukaan toilet dan tunggu hingga mengendap. Kemudian bilas lagi dengan dua cangkir cuka.

Tunggu hingga 1 jam sampai gelembung keluar dari toilet. Setelah itu, siram toilet lagi.

3. Dengan botol plastik

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuang air dari toilet sebanyak mungkin. Kemudian isi botol plastik besar dengan air hangat.

Letakkan ibu jari Anda di atas botol dan cocokkan bagian atas botol dengan bagian bawah toilet.
Tiup botolnya agar air mengalir ke mangkuk toilet. Tekanan botol dapat mengendurkan benda-benda yang dapat menyumbat saluran pembuangan toilet.

4. Kawat Gantungan baju

Gantungan baju atau gantungan kawat bisa memperbaiki kloset mampet, caranya potong dan luruskan benangnya. Kemudian ujung kawat yang runcing dibungkus kain lap dan direkatkan dengan selotip.

Masukkan ujung runcing ke dalam pipa toilet untuk mendorong benda yang menghalangi aliran air ke dalam septic tank.

Bila air menyusut, berarti kloset mampet sudah berhasil diperbaiki. Jadi jangan lupa menyiram toilet dengan tombol siram.

5. Garam Batu

Tuang secangkir garam batu ke dalam mangkuk toilet dan tuangkan 1 liter air mendidih ke dalam lubang yang sama. Lalu biarkan semalaman.

Keesokan harinya, yang harus Anda lakukan hanyalah menyiram toilet dengan banyak air untuk mendorong kembali sumbatan ke septic tank.

Namun, jika kloset yang tersumbat sulit diatasi dengan beragam cara diatas. Anda tetap harus memanggil jasa sedot wc yang bisa anda temukan di https://nomorsedotwc.com dengan memilih yang berpengalaman dan terdekat dengan tempat anda.

Kloset yang mampet memang bisa menjadi masalah yang besar jika dibiarkan saja. Apalagi untuk kesehatan sekitar lingkungan. Jadi segera atasi kloset anda yang tersumbat dengan cepat dan tepat.



Kirim Balasan