Tips Memilih Oli Motor Matic

Ruang bebas untuk berdiskusi secara santai dan diluar topik.
Kirim Balasan
olimotor
Anggota Muda TK 1
Anggota Muda TK 1
Postingan: 5
Bergabung: Sel, 22 Feb 2022 12:07 am
Nama Lengkap: olimotor
OPD/SKPD: Bagian Umum

Tips Memilih Oli Motor Matic

Postingan oleh olimotor »

Oli motor pada motor matic ini memang mempunyai peranan penting. Kegunaan Oli Motor Matic ialah untuk melindungi seluruh komponen yang ada di dalam mesin agar tidak mudah rusak.

Ketika mesin dari motor matic kamu hidupkan, otomatis seluruh komponen yang ada di dalam mesin motor itu akan bekerja agar motor tersebut bisa kamu gunakan untuk bepergian. Misal seperti Piston, Noken As, Klep, Setang Seher, Lahar, dan beberapa komponen lainnya.

Maka dari itu di sini saya akan sedikit memberi informasi mengenai apa saja merek oli yang bagus dan sangat rekomendasi untuk dijadikan sebagai sarana perawatan mesin motor matic yang kamu punya.

Pertama-tama yang akan saya bahas adalah:

Kini masalah yang kerap dialami oleh pengguna motor matic ialah, memilih jenis Oli Motor Matic. Walaupun demikian, langkah awal yang harus kamu lakukan adalah membaca kembali buku arahan untuk perawatan motor yang kamu miliki.

Di dalam buku tersebut, perusahaan industri motor sudah memberikan penjelasan berupa tulisan yang berisikan tentang ‘rekomendasi tipe oli motor’ yang sesuai dengan kapasitas mesin motor yang kamu punya.

Supaya mesin dari motor yang kamu miliki selalu terjaga dan sehat. Berikut saya akan mengulas tentang beberapa langkah dalam memilih oli motor yang baik dan benar.

Memilih Oli Standar API
Harus memilih brand oli yang sudah mempunyai standarisasi. Adanya standarisasi dari oli motor ini bisa dilihat apakah merek oli tersebut mempunyai sertifikat American Petroleum Institute (API).

Setidaknya di seluruh dunia ada tiga lembaga yang berhak untuk melakukan uji kelayakan atau tidak dan memberikan sertifikat kualitas pada oli motor.

Ketiga lembaga tersebut diantaranya adalah JASO ‘Japanese Automotive Standard Association’, API ‘American Petroleum Institute’, dan SAE yang merupakan sebuah badan internasional yang berhak untuk mengeluarkan sertifikat penanda kekentalan dari produk oli.

Ketika kamu memilih merek oli yang sudah mempunyai salah satu sertifikat standarisasi dari ketiga lembaga di atas, di situ kamu jangan mengkhawatirkan kualitas dari oli yang kamu gunakan.

Kenapa? Pasalnya, kualitas daya tahan dari cairan oli ini sudah melewati berbagai tes yang langsung di uji oleh badan internasional yang mempunyai kewenangan, seperti ketiga lembaga yang sudah saya jelaskan di atas.

Oli yang di Produksi oleh Pabrik
Kenapa kamu dianjurkan untuk memilih Oli Motor Matic yang dibuat oleh pabrikan? Alasannya adalah supaya oli yang kamu gunakan untuk menjaga kesehatan mesin bisa bekerja dengan maksimal.

Kenapa? karena masing-masing dari industri oli benar-benar mengetahui secara rinci mengenai spesifikasi mesin, dan spesifikasi oli motor yang dibutuhkan untuk kapasitas mesin yang mereka buat.

Beberapa pabrikan otomotif besar di Indonesia ialah Yamaha, Honda, Suzuki, dan Kawasaki. Namun untuk kategori sepeda motor matic ini tidak ada di pabrikan Kawasaki, karena pabrikan yang satu ini hanya memproduksi motor-motor sport saja.

Oh iya, kamu bisa memilih oli berdasarkan dari kategori motor yang kamu punya, jika kamu menggunakan motor matic dari perusahaan Honda, maka yang harus kamu gunakan adalah oli AHM Oil.

Begitu pun sebaliknya, jika dari produk Yamaha, maka yang harus di Gunakan adalah Yamahalube Matic.

Mengetahui Kadar Kental Oli
Tips dalam memilah oli motor lainnya ialah paham dengan tingkat kekentalan oli yang dibutuhkan oleh kapasitas mesin motor matic yang kamu miliki. Perlu kamu perhatikan, Oli Motor Matic terbaik ini harus memiliki kadar kekentalan yang setara dengan keadaan motor.

Motor matic sendiri memerlukan oli yang kadar kekentalan nya sesuai dengan keadaan motor, kenapa? Karena untuk memastikan mesin terjaga dengan baik ketika sedang digunakan disaat berkendara.

Hal tersebut nantinya akan melindungi semua komponen mesin dari kerusakan yang diakibatkan adanya gesekan masing-masing dari komponen yang ada di dalam mesin.

Jadi, ketika kamu belanja oli alangkah baiknya harus dicek terlebih dulu mengenai kadar kekentalan dari oli yang kamu beli. Bila kadar kekentalan oli itu sesuai, maka oli tersebut layak untuk kamu beli karena kekentalan nya bagus untuk mesin motor matic.

Lalu seperti apa memilah kadar kekentalan pada oli yang tepat itu? Umumnya, pada kemasan oli kamu bisa melihat kode yang sudah dicantumkan, misal salah satu contohnya seperti “10W-40”, bila kamu merasa bingung apa sih kode tersebut, kamu bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Arti dari 10W ialah kadar kekentalan oli ketika mesin motor sedang berada pada suhu yang dingin, sedangkan untuk huruf ‘W’ ini adalah singkatan kata dari ‘Winter’. Sementara untuk penjelasan angka ’40’ ini adalah kadar kekentalan oli ketika suhu pada mesin sedang tinggi.

Nah, untuk tipe rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia ini biasanya menggunakan kode 5W/140, 20W/40, dan 10W/40. Jadi. mulai sekarang kamu harus benar-benar memperhatikan kode yang ada pada kemasan Oli Motor Matic.

Memahami Jenis Oli Motor
Dengan kamu memahami jenis oli motor, maka hal tersebut akan memberikan pengaruh yang bagus, kenapa? Karena bisa membantu kamu untuk memilah Oli Motor Matic terbaik yang sesuai dengan kebutuhan motor matic kamu.

Oh iya, untuk oli motor matic ini terbagi menjadi dua jenis. Diantaranya seperti Synthetic Motorcycle Oil dan Fully Synthetic Motorcycle Oil. Masing-masing dari kedua jenis oli tersebut mempunyai perbedaan.



Kirim Balasan