Desa Wisata Jogja

Ruang bebas untuk berdiskusi secara santai dan diluar topik.
Kirim Balasan
olimotor
Anggota Muda TK 1
Anggota Muda TK 1
Postingan: 5
Bergabung: Sel, 22 Feb 2022 12:07 am
Nama Lengkap: olimotor
OPD/SKPD: Bagian Umum

Desa Wisata Jogja

Postingan oleh olimotor »

ogja punya Ngglanggeran yang menjadi Desa Wisata Terbaik di Asia Tenggara Tahun 2017 versi Asean Community Based Tourism Award (Asean CBT Award). Namun selain itu, ada sejumlah desa wisata menarik lain yang layak jadi alternatif kalau berlibur ke Jogja.

Dinas Pariwisata Provinsi DIY pada Maret 2022 lalu menggelar lomba Desa/Kampung Wisata di DIY. Menurut Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, lomba ini bertujuan sebagai panduan pengelolaan desa tempat wisata jogja terbaru serta indikator penerapa Sapta Pesona dan Sadar Wisata. Yogyakarta, ingin mewujudkan desa wisata yang terkemuka di Asia Tenggara seperti halnya Desa Nglanggeran.

Dari kompetisi yang digelar Dinas Pariwisata DIY tersebut, ada 6 desa/kampung yang terpilih sebagai Desa/Kampung Wisata Terbaik di DIY Tahun 2022. Masing-masing punya sejumlah keunikan dan daya tarik yang patut masuk ke daftar kunjunganmu saat berlibur ke Jogja.

#1 Desa Wisata Pancoh, Kabupaten Sleman
Desa ini berada di kawasan lereng Gunung Merapi tepatnya di Desa Pancoh, Girikerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Berjarak kurang lebih 15 km dari pusat Kota Yogyakarta. Meski berada di lereng Merapi, akses jalan menuju lokasi sudah sangat mudah. Desa wisata ini buka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 08.00 hingga pukul 20.00 WIB.

Beragam kegiatan wisata disuguhkan di Desa Wisata Pancoh. Pengunjung bisa menikmati ekowisata alam pedesaan dengan panorama menarik. Selanjutnya, jika ingin menggali lebih dalam kehidupan di desa, wisatawan bisa live in atau tinggal di sana. Kegiatan live in membuat wisatawan bisa turut serta dalam upaya pelestarian lingkungan yang digagas desa ini. Desa Wisata Pancoh memang dikenal dengan tiga keunggulan utama yakni alam, budaya, dan edukasi.

#2 Desa Wisata Karangasem, Kabupaten Bantul
Desa Wisata Karangasem tak bisa dilepaskan dari bambu. Sebab menurut data Kemenparekraf, ada 90 warga Karangasem yang menjadi perajin bambu. Desa ini mampu menghasilkan lebih dari 50 jenis produk kerajinan berbahan dasar tanaman ini.

Namun tak hanya itu yang bisa wisatawan nikmati, desa wisata yang berada di Desa Muntuk Dlingo, sekitar 30 km tenggara Kota Yogyakarta ini punya sejumlah hal menarik lain. Hutan pinus, Air Terjun Nggrengseng, spot sunset Watu Asah-Asah, Watu Kromo, Watu Lumpang adalah beberapa lanskap alam di sana yang siap memanjakan kunjungan Anda.

#3 Desa Wisata Widosari, Kabupaten Kulon Progo
Desa yang terletak di kawasan Perbukitan Menoreh ini punya segudang hal menarik. Letaknya yang dikelilingi perbukitan membuatnya punya keunggulan dari sisi keindahan alam. Mulai dari Puncak Widosari, Bukit Mata Elang, hingga Kebun Teh Kemadon, menjadi beberapa pilihan wisata alam yang ada di desa ini.

Tak sekadar keunikan alam saja, Desa Wisata Widosari juga punya sejumlah kekhasan tradisi dan budaya. Hingga saat ini, warga desa ini masih rutin menggelar tradisi Wayang Kulit, Jathilan, hingga tari tradisional Bangilun dan Lengger Tapeng. Tak heran jika desa ini juga berhasil masuk ke dalam 50 desa wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

#4 Desa Wisata Purwosari, Kabupaten Kulon Progo
Sebagai salah satu desa wisata favorit di daerah Kulon Progo yang dikenal dengan Ayunan Langit-nya, Desa Wisata Purwosari tidak hanya mengandalkan spot foto sebagai daya tarik utamanya. Ada banyak wisata alam lain yang bisa dikunjungi di sini, diantaranya yaitu Curug Glimpang dan Goa Kidang Rencang.

Jika berkunjung keCurug Glimpang, pengunjung bisa menikmati bentuk bebatuan air terjun yang unik dan kawasan sekitar yang asri. Sedangkan di Goa Kidang, wisatawan bisa melakukan susur gua sepanjang 350 meter dengan panorama stalakmit dan stalaktit yang menawan. Dari pusat Kota Yogyakarta, perjalanan ke desa ini bisa ditempuh dengan durasi kurang lebih satu jam saja.

#5 Desa Wisata Kajii (Kadisoro Nyawiji Dadi Siji), Kabupaten Bantul
Desa Wisata Kadisoro Nyawiji Dadi Siji yang akrab disebut Dewi Kajii berlokasi di Desa Gilangharjo Pandak, Bantul. Kadisoro punya keunikan di mana mayoritas penduduknya menjadi pembudidaya ikan hias. Hal ini menjadi alasan untuk menjadikan desa ini sebagai Desa Wisata Berbasis Edukasi Ikan Hias.

Namun, wisatawan juga bisa menikmati pengalaman hidup menyatu dengan warga desa. Desa Kadisoro menawarkan opsi menginap di homestay selama edukasi sambil menikmati kuliner khas seperti sega wiwit.

#6 Kampung Wisata Kali Gajah Wong, Kota Yogyakarta
Letaknya memang masih di dalam Kota Yogyakarta, namun Kampung Wisata Kali Gajah Wong menawarkan pengalaman wisata yang tak kalah menarik dibanding lainnya. Kampung wisata yang terletak di Kelurahan Giwangan ini didukung dengan beberapa kategori obyek daya tarik wisata antara lain Kerajinan, Seni Budaya, Kuliner, UMKM https://www.youtube.com/c/RepublikWisata/.

Salah satu objek wisata yang paling diminati di sini adalah Bendhung Lepen dan Dermaga Cinta. Kawasan obyek wisata Bendhung Lepen merupakan kawasan wisata yang dikelola oleh masyarakat sekitar, yang semula dari Kali Gajah Wong, kemudian dikelola masyarakat menjadi obyek wisata selokan yang penuh ikan. Selain itu juga terdapat salah satu kawasan unik yaitu kampung kelengkeng.



Kirim Balasan